5 Manfaat Media Sosial Untuk Perkembangan Bisnis Online

Cara memasarkan produk sendiri terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Misalnya promosi lewat radio atau media cetak menjadi cara yang sempat marak di masanya. Strategi promosi kemudian terus bertambah seiring dengan tren di dunia bisnis. Cara memasarkan produk ini juga bisa menjangkau lebih banyak orang untuk menggunakan produk baru yang dijual. Calon konsumennya bukan hanya sekedar di wilayah tertentu saja namun juga di seluruh dunia dengan jangkauan internet yang tak terbatas. Media sosial merupakan cara paling mudah dan murah untuk mengarahkan traffic ke website Anda, yang bagaimanapun juga adalah digunakan untuk pemasaran.

Internet tidak pernah tidur, dan dengan toko on-line kamu jadi memiliki showroom digital yang buka 24 jam. Dengan begitu, calon pembeli potensial bisa mengetahui lebih banyak tentang barang atau jasa yang kamu tawarkan diluar jam kerja, tanpa harus keluar rumah. Kalau kamu menjual barang, ini artinya customer bisa melakukan order kapanpun selama 24 jam penuh. Artinya, bisnis Anda mempunyai kesempatan besar untuk menjangkau audiens baru yang belum pernah mengenal bisnis Anda sebelumnya. Itulah mengapa Instagram juga dikenal sebagai salah satu platform terbaik untuk meningkatkan model recognition dan model consciousness. Melalui konten media sosial, bisnis usaha dapat terus berjalan, meski tidak semulus biasanya.

Meski tentu saja, kedua hal ini akan menjadi tujuan paling akhir dari pemasaran. Selain jangkauan yang meluas tersebut, iklan secara on-line ini juga bisa ditentukan sesuai dengan goal pasar. Pasang iklan portal berita menjadi pilihan tepat lain untuk memulai cara pemasaran online. Iklan dengan jenis satu ini juga relatif mudah menyasar goal pasar yang ditentukan dalam promosi.

Lalu lintas tinggi di situs Anda akan memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda. Kehadiran media sosial yang kuat adalah cara yang efisien untuk menampilkan produk dan membangun merek Anda untuk mudah dan selalu di ingat oleh konsumen. Menurut Fast Company, 93% dari pemasar menggunakan situs jaringan sosial untuk mempromosikan bisnis mereka. Untuk pertumbuhan yang lebih baik dari bisnis online, Anda perlu tempat di mana Anda dapat menemukan sejumlah besar pelanggan yang potensial. Media sosial adalah tempat yang besar dan luas, oleh karena itu, kehadiran produk dan merek Anda secara aktif di media sosial dapat membuka jaringan baru bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Pentingnya sosial media bagi bisnis online

Cobalah menggunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media . Kemudian, secara world, pengguna web yang berusia sixteen hingga sixty four tahun hampir 77 persen mengatakan bahwa mereka berbelanja online setiap bulan. Laporan ini melihat bahwa pengguna internet di Indonesia juga kecanduan belanja online dibanding forty seven negara yang disurvei. Misalkan, ada pengikut yang memberikan testimoni, anda bisa membagikannya di timeline agar orang lain melihat kepuasan yang diperoleh oleh konsumen anda. [newline]Kemudian jika ada quotes atau konten bermanfaat dari pengikut anda, jangan ragu untuk membagikannya kembali.

Dengan media sosial, kamu bisa menghimpun calon konsumen dengan cepat. Instagram dan Twitter misalnnya, punya fitur pencarian yang bisa mempermudah orang mencari sesuatu yang diinginkannya. “Beragam layanan digital hadir untuk mempermudah operasional usaha UMKM. Beberapa produk digital service Telkom untuk segmen UMKM adalah Point of Sales Bonum untuk mempermudah manajemen stock barang dan kasir. QREN sebagai alat bayar digital dan CloudX sebagai layanan untuk meeting digital. Selain meningkatkan omset penjualan, nama baik di sosial media juga bisa digunakan untuk memperluas jaringan.

Manfaatkan dengan baik data goal audiens yang sudah terkumpul untuk brainstorming tema apa yang sejalan dengan selera, cara berpikir, dan cara audiens Anda berinteraksi. Mayoritas orang menggunakan media sosial untuk kebutuhan personal seperti berkomunikasi dengan teman dan keluarga, sebagian lain menggunakan media ini untuk berinteraksi dengan komunitas tertentu. Lewatlah sudah hari-hari pembelajaran tradisional, karena media sosial dipromosikan hampir di semua situs internet e-learning terkemuka. Sebagai pelajar, Anda dapat mengambil kelas dari situs net e-learning dan mendiskusikan keraguan Anda menggunakan berbagai saluran media sosial seperti YouTube, Udemy, Facebook, Instagram, dll. Saat menggunakan media sosial, jangan melupakan berinteraksi dengan masyarakat.

Media iklan online bisa berupa gambar, gambar bergerak, video, hingga konten advertising. Pasang iklan digital di media sosial ternama seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan juga YouTube sudah pasti memiliki visibilitas lebih tinggi yang bisa menjadikan model dikenal secara meluas. Pengukuran secara real time bisa dilakukan dengan cara menilai berapa kali sebuah produk atau profil perusahaan diklik, jumlah kunjungan. Sampai ketertarikan dari konsumen atas produk dan jasa yang ditawarkan dalam iklan. Bahkan bisa dilihat berapa banyak produk dan jasa tersebut dibagikan setelah target audience mendapatkan iklan.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta ustadz dari Pesantren Baitul Hidayah, 10 anggota UKM HIPMI Unisba dan forty peserta dari umum secara online. Pada webinar ini, para peserta diberikan materi yang berbeda dari masing-masing dosen. Selain itu, Unisba juga mengundang Mawwadi Lubby, Strategic Lead of Partner Engagemen Grab West Java untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Tak kalah pentingnya, Instagram bisa membantu Anda mengenali prospects Anda dengan lebih dalam. Pasalnya, Instagram hadir dengan fitur Analytics yang memuat data demografi dan perilaku audiens Anda. 80% orang mengatakan kalau mereka akan membuat keputusan apakah akan memilih suatu produk atau layanan tertentu setelah melihatnya di Instagram.